Jalur Lintas Selatan
visit jatim

Membuka Wisata Baru Di Jalur Lintas Selatan (JLS)

Untuk warga Jawa Timur yang bertempat tinggal di pesisir Pantai Selatan pasti sudah tidak asing dengan istilah JLS. JLS atau Jalur Lintas Selatan dibangung oleh pemeintah untuk mempermudah akses kendaraan yang melewati kabupaten Pacitan sampai Banyuwangi. Jumlah anggaran JLS untuk tahun 2015 tetap Rp 500 miliar. Tapi rinciannya, dana tersebut dibagi menjadi dua kontrak proyek, yakni multi years dan single year. Untuk proyek multi years, pihaknya menjatah sekitar Rp 234,6 miliar untuk tahun 2015. Sementara sisanya sekitar Rp 265,4 miliar dianggarkan untuk proyek single year. Multi years akan garap mulai jalur Tulungagung, Blitar dan Malang. Sedangkan proyek single year melalui jalur Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Jadi uang Rp 500 miliar terpakai semua di jalur lintas selatan. Den mendorong pemerintah pusat agar ikut melanjutkan pembangunan. keberadaan JLS dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah. Secara nasional, yang selalu menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah mengurangi kesenjangan antar wilayah dan kesenjangan antar individu masyarakat.

Selain itu, dengan terwujudnya JLS, akan membuka kekayaan ekonomi di setiap daerah yang dilalui oleh JLS. Bahkan, pemerintah pusat merencanakan JLS untuk diteruskan hingga Jawa Tengah dan Jawa Barat

Jalur Lintas Selatan Tulungagung [image source]

Proyek multiyear ini diharapkan meningkatkan akses perekenomian antar pulau. Yang kita tahu jalur pantura ( pantai utara) sudah lebih dulu ada. Kontribusi sektor perdagangan antarpulau memberikan kontribusi sebesar 55 persen, sementara 45 persen perdagangan antarnegara. Untuk memperkuat perdagangan antarpulau, Jawa Timur terus memberikan perhatian kepada pembangunan jalur antar pulau agar perekonomian di Jawa timur bisa di tingkatkan.

Ternyata bukan hanya perdagangan antar pulau yang mendapatkan dampak dari pembangunan JLS, namun di sektor pariwisata di beberapa kabupaten yang dilewati mendapatkan efek positif. Jalur lintas selatan memberikan kemudahan untuk menikmati keindahan pantai selatan yang notabene memiliki keindahan yang luar biasa dan merupakan destinasi wisata yang tidak mungkin akan dilewatkan karena jalur ini melewati pinggir pantai. Banyak akses pantai yang dulu sulit dijangkau, namun saat ini para pelancong dengan mudah menuju destinasi wisata dengan jalan yang sudah bagus.

READ  Used Electronic Cigarette To Quitting Smoking Habit

Dengan kemudahan akses itu, kabupaten yang terlewati JLS bisa mendapatkan pemasukan dari para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai selatan, selain itu warga sekitar secara langsung mendapatkan dampak positif pula saat pantai di sekitar mereka di datangi banyak pengunjung. Gambar di atas merupakan sebagaian kecil dari keindahan JLS serta pantai yang dilewatinya. Akses mulai Kabupaten Pacitan sampai Kabupaten banyuwangi akan membuka destinasi wisata baru bagi para wisatawan local maupun asing. Direncanakan tahun 2018 JLS akan selesai. Percepatan pengerjaan proyek akan mempercepat pula pertumbuhan ekonomi yang pesat di Provinsi Jawa Timur, kita tunggu saja