Wisata Pantai Bangsring Banyuwangi

Wisata Pantai Bangsring di Banyuwangi

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten eksotis di Jawa Timur. Menjadi kota paling timur di Jawa, membuat fajar pertama terbit di pagi hari di sini, melemparkan sinar rindang ke Jawa, dan daerah ini juga hijau subur tapi juga pulau berpenduduk padat. Belum cukup populer sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Banyuwangi, pada kenyataannya, menyembunyikan banyak permata rahasia, salah satunya adalah Pantai Bangsring.

Kunjungan ke Banyuwangi, Jawa Timur terasa tidak lengkap jika tidak berhenti dalam perjalanan Bangsring Under Water (Bunder) di Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Banyuwangi.

Turis tersebut tidak hanya disuguhi pemandangan wisata bahari seperti terumbu karang di dasar laut, namun pengunjung bisa melihat sirip hiu berukuran kecil sekitar 30-50 cm yang sudah dijinakkan. Puluhan anak hiu disimpan di sangkar disamping daya apung yang disediakan oleh pengelola wisata Bangsring Beach.

Pantai-Bangsring-Banyuwangi-1024x618

Waktu yang Pas untuk Diving

Nama keren aktivitas bawah air dari institusi ini adalah Bangsring Under Water atau Bunder. Dan pelancong yang pernah mencoba snorkeling di pantai Bangsring tentu setuju bahwa kehidupan bawah laut pantai tidak kalah dengan Raja Ampat. Wah wah, bisa dibayangkan ya jika panorama terlihat saat berada di bawah air yang sangat spektakuler, eksotis dan berwarna. Berlebihan pula karena itu bukan realita.

Bila sampai di sana, anda bisa puas-puasin snorkeling dan menyambut kehidupan laut di kolam raksasa dengan area Pantai Bangsring hingga 15 hektare. Di sana, ada rumah terapung, dimana bagian bawah lautnya penuh dengan terumbu karang hingga kedalaman sekitar 3-5 meter, entah baru ditanam atau tumbuh secara alami. Bukan di kanan?

READ  Pesona Danau Tertinggi Di Pulau Jawa “Ranu Kumbolo”

Penduduk bawah air seperti terumbu karang di Turkish Bangsring terlihat tumbuh subur. Luminescence warna-warni kehidupan laut yang begitu ringan saat terkena sinar matahari terlihat begitu menawan. Siapapun akan langsung terpikat saat pertama kali mengintip dari permukaan air. Tak heran bila popularitasnya kini dipasangkan dengan Raja Ampat.

Sekalipun ikannya masih sedikit, tapi jangan khawatir karena terumbu karangnya tersebar di dasar laut seperti menyihirmu agar bisa menikmati pesona lagi. Ikan yang paling banyak ditemui saat snorkeling dan menyelam di Pantai Bangsring adalah hiu berukuran sedang dan bintang laut biru. Warna yang kontras dengan dasar laut membuatnya mudah ditemukan.
Karena pesona yang dimiliki, tempat ini rencananya akan menjadi proyek konservasi alam. Predikat ini kemudian diharapkan bisa membantu pelestarian biota laut Pantai Bangsring.

Rumah Apung Bangsring

wisata pantai bangsring

Rumah apung yang satu ini lumayan terkenal keberadaannya di Banyuwangi, jadi sayang sekali jika anda tidak mencoba mendatanginya saat anda berkunjung ke Pantai Bangsring karena letaknya hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai. Agar bisa mencapai bangunan yang memiliki bentuk seperti gubuk atau rumah singgah ini, anda perlu menggunakan perahu.

Berenang dengan Hiu

Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Bangsring, salah satunya sangat menguji rasa takut kita, yaitu berenang dengan hiu. Bagi anda yang berani, anda bisa berenang bersama anakan hiu sirip hitam yang ditangkar di dalam keramba. Walaupun aktifitas ini terbilang aman, anda tetap harus hati-hati terutama bagi yang pertama kali mencobanya, karena jika anda terlalu takut dan panik, maka hal tersebut bisa menarik perhatian dari sang anakan hiu untuk bertingkah agresif.

READ  Tulungagung Punya Pantai Indah Yang Bisa Anda Kunjungi

Dan tenang saja, mengapa kegiatan berenang bersama hiu ini aman, karena ada pawang atau pemandu dari pihak Pantai Bangsring yang siap untuk menjaga dan memastikan keselamatan anda saat berenang.

Tidak hanya ikan hiu, di dalam keramba tersebut juga terdapat beberapa binatang air lainnya seperti lobster, kerapu dan berbagai macam ikan hias.

Bagi anda yang takut dengan kegiatan menyelam, berenang dengan hiu atau snorkling dan lebih senang dengan kegiatan santai yang tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga, anda bisa memanfaatkan waktu untuk memberi makan ikan yang biasanya bergerombol di sekitar rumah apung.

Fasilitas di Pantai Bangsring

Ada beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati saat datang ke Pantai Bangsring yaitu mulai dari WiFi yang penting bagi kalian yang suka internetan, gazebo untuk bersantai, kamar mandi dan kamar untuk ganti bagi yang habis bermain air, beberapa penginapan yang mempunyai harga beragam, dll.

Anda yang tidak punya atau tidak mau repot membawa peralatan snorkling dari rumah juga bisa menyewa di tempat ini dengan harga berkisar antara 25.000 sampai dengan 35.000 per orang, cukup murah bukan?

Untuk di Rumah Apung sendiri, di sana ada fasilitas seperti 4 banana boat, 17 kano, 8 kolam keramba, dan toilet umum yang berjumlah banyak.

Hunting Foto di Pantai Bangsring

snorkeling di bangsring

Dengan banyaknya aktifitas di Pantai Bangsring yang bias anda lakukan, maka pastinya semakin banyak target bidikan kamera anda, dari mulai mengabadikan pemandangan alamnya yang indah, deburan ombak yang memecah karang, rumah apung, saat anda memberi makan ikan, ataupun saat anda bersantai sembari menikmati suasana pantai.

Anda juga bisa menyewa kamera tahan air yang bisa anda bisa bawa ke dalam laut saat anda melakukan snorkling atau diving, dengan begitu anda bisa mengabadikan berbagai macam biota laut yang anda temui di bawah sana.

READ  Make Your Napa Valley Wine Tour An Unforgettable Experience

Selain anda bisa memilih untuk naik kendaraan pribadi, anda juga bisa naik transportasi umum. Yaitu anda terlebih dahulu harus naik angkot atau becak untuk menuju ke Terminal Sri Tanjung, lalu pilih bus dengan jurusan Situbondo, namun setelah itu anda harus turun di jalan raya di daerah Bangsring. Dari jalan raya anda tinggal meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki ke Pantai Bangsring karena jaraknya hanya 1,5 km.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pantai Bangsring

Tidak ada jam buka yang pasti untuk datang ke pantai ini, namun untuk fasilitas yang bisa anda nikmati, anda bisa mulai menikmati dari pagi sekitar jam 08.00 pagi sampai dengan menjelang sore. Untuk tiket masuk juga tidak ada, hanya biaya sewa menyewa dan perahu yang perlu anda perhatikan.

Tips Berlibur ke Pantai Bangsring

  • Siapkan uang jika anda berencana untuk snorkling dan diving
  • Jangan lupa memakai krim sunblock
  • Membawa baju ganti
  • Berhati-hati saat anda bermain di pantai
  • Bawa kamera
  • Dan jangan membawa banyak barang berharga

Telah diterbitkan juga di http://ijenimpressive.com