ranu kumbolo

Pesona Danau Tertinggi Di Pulau Jawa “Ranu Kumbolo”

Jawa Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang tak bisa dilewatkan. Potensi wisata jawa timur mulai dari wahana wisata, wisata kuliner bahkan wisata alam. Landscape jawa timur yang memiliki banyak gunung, perbukitan, dataran hingga lautan menjadi objek wisata yang indah dan layak untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang tak bisa di lewatkan saat berkunjung ke Jawa Timur adalah gunung semeru.

Ranu Kumbolo Backpacker

Gunung yang sering disebut dengan mahameru ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain pemandangan alam khas pegunungan, gunung semeru juga menyimpan keindahan alam danau yang sangat terkenal di sana yaitu danau ranu kumbolo atau sering disebut dengan ranu kumbolo. Untuk mengunjungi ranu kumbolo ini anda dapat menggunakan jasa kami atau paket wisata ranu kumbolo.

Danau ranu kumbolo yang memiliki ketinggian 2400 mdpl ini menjadi danau tertinggi di pulau jawa yang memiliki keindahan tiada tara, untuk mencapai danau ini anda harus mendaki dengan jarak puluhan kilometer yang akan ditempuh kurang lebihnya 4 jam yang dimulai dari basecamp ranu pane yang berlokasi di kabupaten lumajang, dan dibascamp tersebut anda harus membeli tiket masuk untuk melakukan pendakian, mendaki gunung semeru sangat menagasikkan meskipun terbilang cukup tinggi dan melewati jalan berliku naik turun ala pegunungan , rasa lelah tidak akan begitu terasa karna disepanjang pendakian anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam lepas dari ketinggian, udara segar, kicaua burung, perkebunan, yang akan menghiasi perjalanan anda.

Pesona keindahan ranu kumbolo seketika akan membuat rasa lelah anda dalam melakukan pendakian terbayarkan, keindahan yang tiada tara akan anda temukan di danau ranu kumbolo ini, panorama danau yang sangat indah dan udara segar ranu kumbolo akan membuat anda betah dan ingin berlama-lama di tempat ini, pemandanagan menarik yang disukai dan ditunggu-tunggu para wisatawan ialah, pemandangan sunrise yang memiliki keindahan luar biasa , pancaran sinar kemerahan muncul diantara dua bukit hijau yang indah yang dihiasi dengan cantiknya danau dan terpaan kabut yang akan membawa anda dalam keindahan yang tiada tara.

READ  Keindahan Pantai 3 Warna di Malang Selatan

PERJALANAN MENUJU RANU KUMBOLO

Tiket masuk ke Ranu Kumbolo kurang lebih 10.000 Rupiah per orang dan 20.000 Rupiah per tenda. Untuk mencapai Ranu Kumbolo, ada dua alternatif jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo yaitu melalui Watu Rejeng dan Bukit Ayek-ayek. Jalur Watu Rejeng jauh lebih mudah ditempuh namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan melalui jalur Bukit Ayek-ayek, perjalanan jauh lebih cepat tetapi jalannya curam dan cukup berbahaya bagi pendaki pemula.

Dari pos pendaftaran di Ranu Pani, Anda akan melakukan perjalanan dengan jalan kaki sejauh lima sampai tujuh kilometer menyusuri lereng bukit yang ditimbuhi bunga edelweiss. Eits, meskipun bunga edelweiss ini tumbuh liar tetapi sebaiknya Anda jangan memetik sembarangan. Karena bunga ini termasuk bunga langka yang harus kita lestarikan.

Kemudian Anda akan tiba di Watu Rejeng, sebuah spot yang memiliki batuan terjal yang indah. Perjalanan Anda selanjutnya akan didampingi oleh pemandangan lembah dan bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus. Jika beruntung, Anda dapat melihat kepulan asap dari puncak Semeru. Perjalanan ini memakan waktu lima sampai tujuh jam, tergantung kekuatan fisik Anda. Sepanjang perjalanan, terdapat 4 pos peristirahatan yang dapat Anda gunakan bila lelah.

Sesampainya di Ranu Kumbolo, Anda dapat mendirikan tenda, dan berkumpul bersama pendaki-pendaki lainnya. Jika cuaca cerah saat malam hari, Anda bisa melihat gugusan bintang dalam galaksi bima sakti yang indah. Dan saat matahari mulai terbit keesokan harinya, Anda bisa melihat keindahan matahari terbit di balik dua bukit hijau yang dipadukan dengan beningnya air danau.

Yang perlu Anda perhatikan ketika berada di sini

  1. Air di danau Ranu Kumbolo sangat bersih dan jernih, sehingga bisa langsung diminum. Anda dilarang mandi, buang air dan berenang di danau ini.
  2. Saat malam udara di Ranu Kumbolo bisa mencapai minus 5 derajat Celcius, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membawa jaket khusus mendaki.
  3. Bawalah kantong plastik sendiri khusus untuk tempat sampah. Jangan meninggalkan sampah di lingkungan ini meskipun hanya sebungkus permen.
READ  Cycling Tours Tour De France Route Navigation Guide